0

Tambah ukuran partisi di linux ubuntu

Kemarin size partisi di ubuntu saya tinggal 900 MB. Nahloh? size segitu mana cukup ya? Yaudah deh mau ga mau musti tambah ukuran partisinya.

Tapi saya rada takut nih, kenapa? karena laptop saya dual boot, (ubuntu dan windows 7). Ngeri nanti saat nambahin ukuran partisi bakalan kena error, karena sizenya saya ambil dari partisi windows, bukan dari linuxnya. Dan saya juga baca-baca tutorial dari web lain (howtogeek.com) bakalan kena boot fail untuk windows 7nya, alias windowsnya gak bisa booting.

Tapi ya sudahlah, saya coba saja modal nekat. Dengan modal nekat saya coba nambahin ukuran partisi menggunakan software GPARTED PARTITION EDITOR.

Nah sobat, begini caranya :

1) INSTALL GPARTED

Install lewat Ubuntu Software Center
install gparted untuk menambahkan ukuran partisi di linux ubuntu

2) TAMBAH UKURAN PARTISI

1) Langkah pertama, saya akan memecah partisi windows(ntfs) agar bisa ditambahkan ke partisi linux. Kebetulan disini partisi windows saya masih tersisa 67.26 GB, jadi partisi ini yang saya akan pecah.
Caranya klik kanan partisi > klik unmount
unmount gparted

2) Klik kanan lagi pada partisinya, lalu pilih resize/move maka akan tampil seperti gambar di bawah :
resize partition using gpartedSaya akan memecahnya sebesar 20 GB, maka saya tulis 20000 (dalam satuan MB). Klik Resize/Move > Ok.

3) Setelah itu Klik tanda centang (Apply All Operations) pada menu atas. Maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah, klik Apply.
Screenshot from 2015-08-12 13:04:38– Setelah itu prosesnya akan berjalan, tunggu saja karena prosesnya lumayan lama (tergantung space harddisk)
proccess menambah ukuran partisi di ubuntu dengan gparted

4) Setelah proses selesai, maka akan tercipta space “unallocated” Screenshot from 2015-08-12 15:37:45

– Selanjutnya klik kanan ext4 (partisi linux yang mau saya tambahkan sizenya), Klik Resize/Move > Lalu tambahkan size pertisinya deh ..
Screenshot from 2015-08-12 15:38:09– Klik Resize

5) Setelah diresize, maka ukuran partisinya akan bertambah dan space ‘unallocated’ yang tadi akan menghilang 🙂
kegabung

Sampai sini sih sudah berhasil nambahin ukuran partisinya, dan tidak ada error di linux. Tapi gimana kabar di windowsnya? Error gak ya?

Saya coba booting windowsnya, dah hasilnya seperti ini :
problem booting after resize partitionpertama kali liat beginian kaget, tapi saya tungguin saja sampai prosesnya selesai, karena ada poccess disitu (70 percent complete).. dan akhirnya windowsnya tidak apa2.. alias bisa booting! 😀

Ambar Hasbiyatmoko

Hello, I'm web developer. Passionate about programming, web server, and networking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.