0

Sharing pengalaman ujian online sertifikasi AWS Cloud Practitioner

Sharing pengalaman ujian online sertifikasi AWS Cloud Practitioner
Sharing pengalaman ujian online sertifikasi AWS Cloud Practitioner

Disini saya akan share pengalaman ujian online untuk mendapatkan sertifikasi AWS Cloud Practitioner sampai bisa lulus.


Daftar isi:

Awal mula ikut sertifikasi AWS Cloud Practitioner

Dimulai dari buka linkedin lewat handphone (awal september 2022), gak sengaja saya lihat ada iklan ujian sertifikasi AWS Cloud Practitioner dengan diskon 50%. Dari situ saya mulai tertarik untuk ikutan. Setelah lihat iklannya saya coba buka situs resminya AWS di https://aws.amazon.com/certification/certified-cloud-practitioner/ untuk lihat harga aslinya berapa. Ternyata 100USD, jika dapat diskon 50% berarti hanya 50USD atau sekitar 750ribu rupiah saja saat itu. Lumayan murah.

Sebelum saya ikut ujian tersebut, saya cari tahu lebih dalam mengenai sertifikasi AWS Cloud Practitioner. Ternyata sertifikasi ini sertifikasi yang paling dasar yang dikeluarkan oleh AWS. Jadi sertifikasi ini ditunjukkan untuk orang yang ingin mengenal dasar-dasar cloud AWS (bisa dibilang mengenal fundamentalnya). Jadi di AWS itu ternyata sertifikasinya bertingkat, mulai dari Cloud Parctitioner, Associate, Professional, atau bisa ke Speciality. Kalian bisa lihat detailnya disini https://aws.amazon.com/certification/

Nah balik lagi ke cerita, waktu itu sempet bimbang, mau jadi ambil sertifikasi cloud practitioner atau yang associate? Karena sebelumnya saya sudah punya pengalaman menggunakan AWS dari 2019, kenapa gak langsung saja ambil associate? .. Tapi pada akhirnya saya putuskan untuk ambil cloud practitioner, pertimbangannya karena saya mau mengasah fundamental / dasar-dasar AWS yang mungkin saya belum tahu, dan sedang ada diskon 50% untuk cloud practitioner.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti ujian?

Persiapan saya waktu itu adalah:

Identity Card.

Bisa berupa KTP, SIM, Passport dan sejenisnya. Identity card akan digunakan saat proses verifikasi data sebelum memulai ujian.

Alat.

  1. Laptop / PC.
    Pastikan laptop yang bagus performanya supaya tidak hang. Karena pada saat ujian akan disuruh menginstall aplikasi desktop (ext .exe) dan ujiannya menggunakan aplikasi dekstop tersebut.
  2. Internet pastinya. Pastikan koneksi internet bagus, karena kalau tidak, fokus akan buyar memikirkan koneksi yang lemot.
  3. Windows OS
    Yang saya tahu wajib menggunakan Windows, karena pada point 1 diatas disuruh menginstall aplikasi berektensi .exe hanya bisa berjalan di windows.
  4. Webcam yang punya fitur autofokus
    Ini wajib, karena sebelum mulai ujian, ada sesi verifikasi data dulu. Nanti akan disuruh menunjukkan Identity Card (KTP/SIM) di Webcam. Jika webcamnya tidak punya fitur autofokus maka akan ngeblur tidak terbaca tulisan yang ada di KTP. FYI, saya waktu itu menggunakan webcam Logitech C922 pada saat mengikuti ujian ini.

Ruangan.

  1. Ruangan yang tidak banyak barang. Jauhkan meja ujian dari buku, makanan, minuman, dan sejenisnya. Karena sebelum mulai exam, proctor/penguji akan minta screening ruangan menggunakan webcam kita, apakah ruangan sudah bebas dari benda yang mencurigakan untuk cheating/nyontek.
  2. Ruangan yang tidak berisik. Proctor akan menghentikan ujian jika terdengar suara berisik. Dan bisa jadi sesi ujian dinyatakan tidak lulus. Jadi pastikan ruangan bebas dari suara berisik.

Kartu kredit untuk pembayaran.

  1. Pembayaran untuk ujian bisa dilakukan dengan credit card, bisa menggunakan master card, visa, dan sejenisnya. Dan setahu saya belum bisa menggunakan debit card.

Latihan soal-soal AWS Cloud Practitioner.

Saya belajar dari dua tempat, yaitu AWS Skill Builder dan dari Youtube.

1. AWS Skill Builder
AWS menyediakan website untuk belajar yaitu AWS Skill Builder, setelah saya daftar untuk schedule for an exam melalui situs ini https://aws.amazon.com/certification/certified-cloud-practitioner/ saya dapat email untuk bisa mengakses website AWS Skill Builder.

Disitu saya mendapatkan pembelajaran mengenai fundamental AWS, mulai dari apa itu cloud, lalu service-service AWS apa saja yang sering digunakan seperti EC2, S3, RDS, Load Balancing, EBS, dan belajar juga fundamental jaringan AWS seperti VPC, Subnet, ACL. Dan juga belajar soal budget bagaimana memonitor budget di AWS dan masih banyak lagi. Nama coursenya adalah AWS Cloud Practitioner Essentials.


2. dari Youtube

Selain dari AWS Skill Builder, saya belajar dari youtube. Banyak yang mengeshare soal-soal latihan untuk Cloud Practitioner. Search saya dengan keyword AWS cloud practitioner exam questions


Saya latihan mengerjakan soal-soal selama sekitar 3 minggu, baru setelah itu ikut ujian.

Cara Daftar Ujian sertifikasi AWS

Saya daftar ujian onlinenya melalui halaman ini https://aws.amazon.com/certification/certified-cloud-practitioner/, schedule an exam -> akan diarahkan ke halaman training & certification -> sign up jika belum punya akun, masukkan data diri.

Setelah itu akan diarahkan lagi ke halaman registrasi, pada halaman ini cukup isi Nama lengkap dan klik Create Account.

Kemudian diarahkan lagi kehalaman lain, centang agreementnya, scroll down kebawah lalu klik submit

Setelah itu lengkapi data diri di Menu My Profile, step ini wajib ya karena kalau data diri tidak lengkap tidak bisa daftar ujian.

Kalau sudah lengkap, akan diarahkan kehalaman home dan klik Register for an Exam.


Pada gambar dibawah, saya pilih yang AWS Certified Cloud Practitioner dengan Exam Code CLF-01, Schedule with PSI. Sekedar info, pada saat itu ada 2 proctor online (penguji) yang bisa dipilih, PSI maupun Pearson VUE. Tapi saya pilih PSI karena diskon 50% hanya berlaku jika pakai proctor PSI.


Setelah itu akan dibawa ke halaman website PSI. Jika dilihat dibawah waktu examnya adalah 90menit. Klik Schedule, pilih Remote Online Proctored Exam, karena saya ingin ujiannya online.

Selanjutnya pilih tanggal dan waktu ujiannya. Waktu itu saya pilih tanggal 25 September 2022, jamnya 09.30 malam. Karena waktu pengerjaannya selama 90 menit, berarti saya harus kelar maksimal jam 11 malam.

Just masukkan dari saya, kalau bisa pilih tanggal ujiannya jangan mepet, karena semua butuh persiapan, baik alat (webcam, laptop) maupun belajar soal-soal AWS cloud practitioner.


Selanjutnya adalah pembayaran. Masukkan kode voucher yang didapat dari email saat registrasi diawal tadi. Itu akan mengurangi biaya sebesar 50% menjadi 50USD

Setelah itu bayar melalui Credit Card.

Setelah berhasil terbayar, maka detail kapan waktu ujiannya bisa dilihat pada dashboard PSI. Perlu dicatat disini untuk reschedule jadwal ujiannya hanya bisa sekali saja.

Setelah itu akan ada email masuk berisi instruksi dan aturan yang berlaku saat mengikuti ujian, seperti ini:

ujian AWS Cloud Practitioner

Silahkan dibaca dengan seksama peraturannya, jangan sampai gagal ujian gara-gara melanggar aturan.

Waktunya Ujian

Sudah tiba waktunya, tanggal 25 September 2022 sudah saya persiapkan semuanya.

Sertifikasi AWS Cloud Practitioner

Saya masuk ke dahsboad PSI, dan mengklik Launch Exam. Waktu pengerjaannya 90 menit. Soal ujiannya dalam bahasa inggris.

Setelah itu akan dihadapkan halaman download aplikasi ujiannya. Saya download dulu sekitar 115MB.

Jika sudah terdownload, langsung install file .exe -nya. Setelah itu akan terbuka halaman pengecekan , camera, microphone dan yang lainnya.

Sertifikasi AWS Cloud Practitioner menggunakan PSI proctor


Setelah itu akan terkoneksi ke proctor/pengujinya.. komunikasi akan menggunakan bahasa inggris via chat diaplikasinya.

Untuk next stepnya (gambar) tidak saya share disini karena tidak diizinkan membuka aplikasi lain selain aplikasi PSI. Intinya proctor akan meminta Identity Card (KTP/SIM) dan di zoom ke webcam.

Setelah itu proctor meminta untuk screening ruangan, saya memegang webcam saya dan berjalan mengelilingi ruangan, arahkan webcam ke dinding, dan sekitar meja atas dan bawah.

Kemudian arahkan webcam ke bahu kanan dan kiri serta arahkan juga ke telinga apakah ada earphone disitu. Earphone dan semacamnya tidak diizinkan. HP pun disuruh singkirkan jauh dari meja ujian. Jika sudah clear proctor akan menginstruksikan bahwa ujian sudah bisa dimulai.


Nah saya mulai mengerjakan soal-soalnya. Soalnya pilihan ganda, untuk total soalnya saya lupa ada berapa (yang pasti lumayan banyak). Dan 10 menit sebelum waktu habis, saya sudah kelar menyelesaikan soal-soalnya.

Mumpung masih ada waktu 10 menit saya cek ulang jawaban saya. Setelah itu saya klik finish kira-kira 5 menit sebelum waktu habis.

Lulus

Setelah saya klik finish, saat itu juga akan tampil hasilnya apakah lulus atau tidak. Dan Alhamdulillah saya lulus dengan score 853 dari 1000. FYI, standar untuk lulus minimal scorenya adalah 700 ya.

Setelah lulus, saya mendapatkan badge dari credly.com dan hasil exam historynya bisa dilihat di website AWSnya.

#Credly.com

Sertifikasi AWS Cloud Practitioner


#Exam History


—————————-

Nah kira-kira seperti itu sharing dari saya. Silahkan drop komentar kalian dibawah jika ada pertanyaan. Semoga bermanfaat! See you!

Ambar Hasbiyatmoko

Hello, I'm web developer. Passionate about programming, web server, and networking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.