0

Menggunakan Postman Desktop Agent pada website postman.com

Postman Desktop Agent.


Jika kalian punya workspaces di website postman.com, pada sebelah kanan bawah halaman workspace kalian ada fitur yang namanya postman agent. Ada 3 jenis postman agent:

  • Cloud Agent
  • Desktop Agent
  • Browser Agent

Postman Desktop Agent

Disini kita akan bahas tentang Desktop agent.

Apa itu Desktop Agent

Merupakan sebuah aplikasi-mini dari postman yang dijalankan disisi client (lokal komputer), yang berfungsi untuk menyamakan jaringan/network sesuai yang ada di lokal komputer anda. Tujuannya agar aplikasi anda (yang menggunakan whitelist IP) tetap bisa diakses dari website postman.com.

Sebagai contoh, misal anda mempunyai sebuah aplikasi (API) yang hanya bisa diakses dari IP tertentu saja (misal 111.222.333.444). Jika anda membuka API tersebut melalui website postman.com, maka API tersebut tidak akan bisa diakses karena IP postman.com bukan 111.222.333.444 (beda IP).

Nah, agar API tersebut bisa diakses dari website postman.com, kita bisa manfaatkan fitur Desktop Agent. Jadi Desktop Agent kita jalankan di lokal komputer, setelah itu akan connect ke website postman.com dan menggunakan jaringan yang ada di lokal komputer. Sehingga API tersebut bisa diakses dari website postman.com.

cara kerja desktop agent postman di website postman.com


Install Desktop Agent

Pada bagian Select Postman Agent, matikan Auto-select, lalu klik Download Desktop Agent

Postman Desktop Agent

Akan terdownload aplikasi-mini dengan ukuran sekitar 90an MB. FYI dilokal komputer saya, saya menggunakan linux, jadi otomatis terdownload desktop agent untuk linux.

Setelah terdownload, extract file tersebut melalui terminal

tar -xvzf postman-agent-0.4.16-linux-x64.tar.gz

Lalu masuk kedalam folder Postman Agent, ubah permissionnya agar bisa diexecute, kemudian jalankan agent tersebut:

cd Postman\ Agent/
chmod +x Postman\ Agent
./Postman\ Agent

Jika saat menjalankan Postman Agent mendapatkan error seperti gambar diatas, ignoring saja. Yang penting dikanan atas sudah ada icon biru. Artinya agent sudah berhasil kita hidupkan.


Kembali ke website postman.com, ubah Postman Agentnya ke Desktop Agent. Bisa dilihat pada gambar dibawah, jika sudah connect maka iconnya berubah jadi centang hijau – (y) Desktop Agent.


Testing HIT API

Disini saya punya aplikasi (API) yang hanya bisa diakses dari IP lokal komputer. Saya akan akses API tersebut dari postman.com dan mengaktifkan desktop agentnya.

Hasilnya bisa diakses API tersebut.

Jika saya matikan desktop agentnya, responsenya 403 forbidden, limited access

Ambar Hasbiyatmoko

Hello, I'm web developer. Passionate about programming, web server, and networking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.