0

Menggunakan custom proxy di postman

Disini saya mau sharing cara menggunakan custom proxy di postman.


Saya menggunakan custom proxy di postman karena masalah yang saya hadapi dipekerjaan. As a developer kadang sistem kita perlu integrasi dengan sistem lain (third party / vendor) seperti API payment gateway atau sistem lainnya. *Kedepan kita sebut vendor saja.

Kendala

Kendalanya adalah, biasanya vendor menerapkan whitelist IP, yang artinya IP server kita harus didaftarkan ke server mereka (vendor). Berarti hanya server kita saja yang bisa mengakses API payment gateway, kita tidak bisa mengakesesnya menggunakan postman dari lokal komputer karena sudah beda IP.

tanpa proxy di postman

Pada contoh diatas, IP server 54.251.x.x (sengaja saya samarkan) didaftarkan ke firewall vendor, sehingga hanya server 54.251.x.x saja yang bisa connect ke API payment gateway. Jika kita coba connect melalui postman yang ada dilokal komputer menggunakan IP 54.222.111.222 maka tidak akan bisa.

Solusi

Solusi untuk kendala diatas adalah dengan membuat forward proxy di server 54.251.x.x. Kemudian aktifkan proxy di postman melalui custom proxy, maka akan bisa connect ke server API payment gateway. Gambarannya kira-kira seperti ini:

proxy di postman

Jadi bisa dibilang si postman ini ‘nebeng’ koneksi ke server 54.251.x.x supaya bisa mengakses API payment gateway. Nebengnya ini menggunakan forward proxy yang ada di server 54.251.x.x.

Bagaimana cara membuat forward proxy diserver?

Nah pertanyaan bagaimana cara membuat forward proxy di server? Tenang, saya sudah buat tutorialnya, ada 2 versi (redhat dan ubuntu), kalian bisa ikuti tutorianya:

Mengaktifkan custom proxy di postman

Setelah berhasil menginstall nginx forward proxy di server 54.251.x.x, selanjutnya kita mengaktifkan proxy (custom proxy) di postman.

  • Buka aplikasi postman di lokal komputer
  • Klik icon settings pada bagian atas halaman -> klik Settings
proxy di postman
  • Klik menu Proxy
  • Aktifkan Use custom proxy configuration, lalu isi konfigurasi seperti dibawah:
    • IP: 54.251.x.x
    • Port: 6443
custom proxy di postman

Note: disini kita menggunakan port 6443, artinya di file nginx.conf kita harus set juga port 6443 (bisa dilihat ditutorial nginx forward proxy diatas cara mengest port di nginx.conf).

  • Selanjutnya close popup settings
  • Kita test ke endpoint latcoding.com untuk mengecek alamat IP si client:
proxy di postman

Bisa kita lihat sekarang, IP clientnya adalah 54.251.x.x. Artinya server 54.251.x.x mengakses endpoint latcoding.com karena disuruh oleh postman melalui proxy yang ada diserver tersebut.

Postman: "Woy server 54.251.x.x, ini gue postman tolong terusin request gue ke latcoding.com dong, gue udah pake forward proxy punya lu nih."
Server 54.251.x.x: "Oke bang gue terusin requestnya ke latcoding.com"


Oke begitu saja kira-kira tutorial menggunakan custom proxy di postman, semoga tutorial ini bermanfaat.

Ambar Hasbiyatmoko

Hello, I'm web developer. Passionate about programming, web server, and networking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.